[TUGAS] APA ITU RENDERING FARM ???

Rendering Farm??


Rendering 3D dan Animasi membutuhkan waktu untuk "Rendering". Hal ini dapat berlangsung berjam-jam atau bahkan harian. yang artinya anda harus menggunakan komputer anda "khusus" untuk rendering, yang pastinya selalu harap harap cemas menunggu hasil render yang anda lakukan, atau bisa saja proses rendering yang anda lakukan sedemikian lama prosesnya terhenti ditengah jalan haha pastinya akan panik dan kesal. Nah.. Rendering farm itu adalah super komputer yang sangat canggih yang diperuntukan untuk pekerjaan seperti diatas. komputer tersebut (rendering farm) teknologinya terus berkembang sama dengan pc dan makin lebih cepat yang pastinya akan menjadi impian bagi para Artist 3D .
Sayangnya untuk komputer super tersebut berada di luar jangkauan kantong bagi kebanyakan orang karena sangat mahal dan terlalu besar untuk dipakai rumahan dan kita tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan perangkat lunak "super" tersebut.



Selama beberapa dekade, kemajuan teknologi komputer akan memungkinkan untuk membuat suatu gambar atau 3d animation dengan cepat, bahkan sangat cepat . Namun, kalkulasi yang dilakukan akan semakin besar dan berat untuk mencapat "state of art" dari kualitas gambar. Sementara kalau hanya gambar sederhana pastinya dapat diproduksi dengan cepat dengan pc sekalipun, sendangkan hasil yang di cari adalah gambar resolusi tinggi, lebih realistis dan rumit sekarang dapat diproduksi dalam jumlah lebih banyak waktu yang wajar. Waktu yang dihabiskan menghasilkan gambar dapat dibatasi oleh waktu produksi-garis dan tenggat waktu, dan keinginan untuk menciptakan pekerjaan berkualitas tinggi, bukan hanya itu tapi gambar dibuat lebih cepat.


Untuk mengelola sebuah render farm, kita harus memperkenalkan "queque manager" yang secara otomatis akan mendistribusikan proses-proses yang ada ke banyak prosesor. Setiap "proses" bisa menjadi render satu gambar penuh, beberapa gambar, atau bahkan suatu scene/sub-bagian dari suatu gambar. Perangkat lunak ini biasanya client server package yang memfasilitasi komunikasi antara prosesor dan manajer antrian, meskipun beberapa antrian tidak memiliki manajer pusat. Beberapa fitur umum dari manajer antrian adalah: re-prioritas antrian, manajemen lisensi perangkat lunak, dan algoritma untuk mengoptimalkan yang terbaik, througput yang didasarkan pada berbagai jenis perangkat keras di farm. Software perizinan ditangani oleh seorang manajer antrian mungkin melibatkan alokasi dinamis lisensi untuk tersedia CPU atau bahkan core dalam CPU.

Membangun Sendiri Render Farm?? 


Ada yang tau kalau dalam pembuatan film animasi yang bisa dibilang terbaru seperti render Monsters vs Aliens membutuhkan waktu 40.000.000 jam !!!, 30 juta jam!! untuk Madagascar: Escape 2 Africa, dan 6,6 juta jam untuk Revenge of the Sith.!!

Sebuah waktu render yang baik untuk efek visual televisi mana saja antara 30 menit sampai satu jam per frame, sementara beberapa jam per frame adalah umum untuk film. contoh untuk karakter dalam Transformers 2: Revenge of the Fallen , mengambil hingga 72 jam per frame. Bagaimana studio melakukan hal tersebut? Mereka menggunakan membuat rendering farm, yang merupakan bank mesin dengan tujuan rendering frame selesai. Selain sistem yang digunakan animator, membuat peternakan secara bersamaan menggunakan banyak prosesor khusus untuk rendering. Misalnya, Industrial Light and Magic memiliki sebuah peternakan render dengan 5.700 core prosesor (dan 2.000 core dalam mesin artisnya) ketika Transformers 2 diproduksi. Bahkan fasilitas kecil dengan hanya selusin animator cenderung memiliki lebih dari seratus core prosesor yang mereka miliki !


Apakah butuh sebuah rendering farm?

Penggunaan rendering farm tidak hanya diperuntukan pada studio besar dan seniman 3D. Studio yang lebih kecil juga memiliki rendering farm mereka sendiri dan banyak seniman freelance memilikinya juga. Compositors dan freelance seniman gerak-grafis juga dapat memanfaatkannya. Beberapa sistem editing mendukung penggunaan mesin tambahan yang disebut membuat node untuk mempercepat rendering, dan jenis setup dapat diperluas untuk visualisasi arsitektur dan workstation bahkan audio digital.
Jika Anda bekerja sebagai artis3d freelance, bermain-main dengan ide, atau melakukannya sebagai hobi, kemudian membangun bahkan rendering farm kecil akan sangat meningkatkan produktivitas Anda dibandingkan dengan bekerja pada workstation tunggal. Studio bahkan dapat menggunakan bagian ini sebagai referensi untuk membangun peternakan render baru, karena kita akan mengatasi scaling, kekuasaan, dan masalah pendinginan.

 
Jika Anda ingin membuat rendering farm dan berpikir akan menghabiskan uang besar untuk mendapatkan sistem "hardcore" tersebut, Anda mungkin harus memikirkan kembali dan mempertimbangkan apakah akan lebih efektif untuk membeli workstation terbaru dan terbesar atau menghabiskan sedikit uang dengan berinvestasi di sistem beberapa tambahan untuk digunakan sebagai mesin render khusus?? semua dapat anda putuskan sesuai dengan kebutuhan anda 



 

 

0 komentar:

Post a Comment