Classic Game PC Jaman TK-SD-SMP !! Get Your Nostalgia ON !!


Bermula dari iseng-iseng browsing website game, forum kemudian saya menemukan game-game jadul. Jadi teringat masa lalu dimana PC jaman dulu masih menggunakan disket untuk booting, OS, dan lainnya, termasuk nge-game. Sebetulnya saya sejak jaman tk sudah menjadi gamer :) maen dingdong, gembot dll haha. console pertama saya yaitu kalau tidak salah nintendo jadul yg kasetnya/cartridge gede bgt, lalu sega saturn yang harga cartridge nya 50rb/1game, terus kalo nga salah ada juga console dari atari tp lupa namanya, sega genesis yang dikasih sama om dari luar negri haha, trs berakhir di ps1 karena setelah itu saya terus bermain" dengan pc.. bye console :)
Saya teringat sewaktu pulang sekolah, tiba-tiba saya melihat ortu sedang asik memainkan TV putih (yang ternyata namanya monitor CGA) serta tombol-tombol yang mirip mesin ketik (ternyata namanya keyboard). Insting bocah langsung bergejolak, rasa ingin tahu yang tinggi membuat saya bertanya ‘Apa tu Pa ?’ ternyata seperangkat barang tersebut bernama komputer. Komputer tersebut sangat diperlakukan istimewa oleh ortu, dan apabila saya ingin mencoba ikut bergabung sama mereka, saya harus cuci tangan dulu. Hahaha.. jadul banget :D .
Sampai sekarang saya masih ingat tipe komputer pertama, IBM PC Processor 8088, CGA monitor, dan masih menggunakan disket DD (Double Density). ini adalah komputer yang pertama kali saya lihat ukuran disketnya gede bgt harganya juga kalo nga salah mahal bgt dah, ini pada jaman tk atau sd awal saya lupa haha, saat itu saya belum terlalu tertarik dengan pc karena tampilanya kagak keren (DOS boo) dan gamenya masih dikit.. beberapa game yang saya mainkan :

1. DIGGER
Mungkin dari teman" ada juga yang memainkan game ini, karena ini game yang cukup populer pada masanya. Misi dari game ini adalah mengumpulkan permata sebanyak-banyaknya. Kita dibekali sebuah mobil yang dapat menggali dan membuat lubang jalan untuk mendapatkan permata. Kita juga dapat menjatuhkan karung harta karun untuk mendapatkan tumpukan emas didalamnya, tetapi awas, pada saat menjatuhkan karung jangan sampai kita tertimpa karung tersebut. Tak lupa, jangan sampai tertangkap oleh musuh yang mengikuti lorong2 yang sudah kita buat.
2. ALLEYCAT

Game alley-cat merupakan game sederhana yang dibuat oleh IBM. Misinya, kita sebagai kucing, mengejar tikus-tikus yang mengganggu dirumah. gamenya cukup susah kalo nga salah deh apalagi dulu masih tk/sd
3. PRINCE OF PERSIA
Sekarang Siapa yang tidak mengenal game ini. ini adalah awal dari semua game prince of perisa yang ada sekarang. Game ini sangat booming dan sangat populer di jamannya. Sampai sekarangpun Prince of Persia masih ada sequel terbarunya. Game ini pada masa itu sangat bagus mulai dari grafis pergerakannya maupun tantangannya. Ide cerita sebenarnya sederhana, seorang pangeran yang menyelamatkan puteri dari sekapan penjahat. Kita diberi waktu untuk dapat menyelamatkan puteri.

4.DOOM

 
Doom adalah yang pertama dari generasi yang serba cepat, Dulu ini game bisa dibilang fenomenal krn grafiknya yang keren. Dengan Doom, PC gamer melawan sebuah gerombolan menyerang monster dari neraka bisa mengalami gameplay, grafik, dan suara yang dengan mudah melampaui apa yang tersedia di rumah konsol permainan hari - suatu prestasi maka-jarang. Selain itu, diperkenalkan pilihan multiplayermode (coining deathmatch istilah dalam proses) yang banyak ditiru untuk hari ini

5. SIMCITY 


yup.. ini adalah game pertama dari "sim city"series. Pasti banyak pc gamer yang tau gimana gameplay dari simcity, mendorong pemain untuk menciptakan dan percobaan. membangun kota Anda sendiri dan mengelolanya untuk kebesaran. Anda dapat memainkan permainan selama yang Anda inginkan, sebanyak yang Anda inginkan, dan tidak pernah menjadi tua karena Anda membuat desain unik berkembang sebagai Anda pergi bersama.

6. Sierra Championship Boxing

Sierra Championship Boxing ini merupakan salah satu game favorit saya. Game ini lebih kompleks dibandingkan game sebelumnya. Disini kita meniti karir sebagai seorang petinju. Kita dapat berlatih untuk mengasah pukulan dan kekuatan. Dan secepat mungkin merobohkan lawan. Dulu main game ini ketagihan bgt, simple soalnya tapi bener" adiktif haha
Sebenernya mah masih banyak ini, namun banyak yang lupa nama game nya.. maklum udah 15 tahun yang lalu haha, Mungkin teman" semua punya nostalgia game yang bisa di share lagi pada jaman" kejayaan game DOS.

nulis tentang nostalgia gini bikin merinding n sedih (haha lebay), keinget semua jaman" bahagia dulu haha .. Lanjuttttt..

Setelah itu pada jaman sd sekitar kelas 2/4 baru deh dibeliin pc pribadi haha, dulu speknya juga terbilang dewa.. Pentium Cleron 1,8ghz, 512ram,40gb hdd, vga sis mirage,speakter altec lansing 3.1 yang masih ada sampe sekarang dll.. (inget ini taun 90an jgn bandinggin sama sekarang !!haha), mulai deh ane dikit" beralih ke pc karena beda bgt sama console.. ini beberapa game yang ane suka, mungkin banyak yg tau deh krn populer, :

1. Chips Challange
ini game dulu seru bgt, Dalam game ini anda disuruh untuk mengumpulkan seluruh chips yang ada untuk melanjutkan ke level berikutnya. Walau game ini terlihat sudah ketinggalan jaman, tetapi cukup menarik untuk dimainkan kembali. Dan seingat saya setiap menang level tuh dapet password, jadi kalau mau lanjut game bisa loncat langsung ke lvl yang di mau.
2.Pikachu Volley Ball

ini game simple yang bikin ane ketagihan juga, bisa maen 2 player soalnya haha ane ditularin sama temen sd. game volley dengan karakternya si pikachu. kontrolnya cuma , R D F & G buat player 1. UP, LEFT, DOWN & RIGHT buat player 2. masih inget kannnn haha
3. Ski Free


Ski Free merupakan permainan sederhana yang dibuat oleh Chris Pirih, programmer Microsoft di masanya. Adapun source code asli yang dibuatnya pada saat itu menggunakan bahasa C. Tujuan permainan ini juga sangat sederhana, yaitu bermain ski di lembah tak berujung dan menghindari halangan seperti pohon dan bebatuan. Dulu main game ini bikin kesel krn tidak pernah menang dan selalu dimakan sama beruang sialan haha.. dulu ane kira ini game bisa tamat dan ternyata memang game berakhir di mulut beruang :(
4. Virtua Cop Series
wah dulu ini game dewa bgt haha ane masih ada nih cd nya sampe sekarang, game ini bergenre FSP (First Shooting Person),Gameplaynya itu adiktif bgt simple cuma arahin cursor buat nembak" penjahat, melatih refleks tangan juga. disetiap akhir stage kalau nga salah ada bossnya yang makin lama makin susah, tp nga sesusah time crysis kok hehe.
bagi yang suka ato pernah main, pasti selalu inget suara" di game ini kaya SOMEBODY HELP ME!!! AGHHH, terus RELOADRREEELOADRERELOAD jiahahahaha
game sejenis : House of the dead
5. Beach Head 2000-2002


Ane inget dimasa jayanya, game ini bener-bener bikin ane lupa waktu. Meskipun gameplaynya lumayan sederhana, tapi tingkat keasyikannya bener-bener keren rusuh abis pokoknya . Game play'nya sederhana saja, kamu harus bisa bertahan dari serbuan tentara invasi serta menghabisi mereka semua dengan menggunakan senjata yang ada. senjatanya ada dari handgun sampe yang segede" gaban macen gatling dll
6. Age Of Empire (II Age of kings)
game ini bergenre RTS (Real Time Strategy), ini adalah salah satu game yang berpengaruh besar dalam hidup ane haha, Pasti banyak yang tau game ini, kalau yang Age Of Empire II Age Of Kings dan expansionnya(conqueror dll) mungkin ane udah sd kelas akhir atau smp main LAN sama temen" smp di warnet or game center, kalau maen ini gem lama menangnya haha soalnya pada sibuk bertahan semua nga ada yg nyerang haha.. love you guys :)
banyak juga sih game" Genre RTS yang dulu populer bgt, macem Empire Earth, Red Alert, Command and Conquer, Crusader, Civilization.. banyak deh pokoknya ane tau semua kok haha :)
7. The Sims 1
Genrenya Simulasi, dulu awal game ini keluar heboh bgt.. gameplaynya lain dari yang lain. Permainan ini adalah simulasi aktivitas sehari-hari dalam rumahtangga. Pada tanggal 4 Februari 2000, permainan ini telah terjual sebanyak 16 juta kopi yang membuatnya sebagai permainan komputer dengan penjualan terbesar dalam sejarah.
the last but not the least...
8. Counter Strike

nah ini dia game paling berpengaruh dalam hidup ane haha.. dulu pertama liat di lab kom sekolah dalam hati "anjrit game apaan nih keren bgt!!!" (10++ taun yg lalu broo), ane yakin semua yang baca ini postingan pasti tau apa itu cs kan??..
dulu main game ini juga pasti ke warnet atau gamecenter(kalau dirumah lawan bot), tanding deathmatch atau tanding bom defusal antar kelas haha.. btw dulu kelas ane paling jago satu sekolah haha !!!..


segitu dulu ah sambil inget" lagi... kalau ada yang mau nambahin silahkan :) pasti nanti di update ..
kalau mau download bisa di SINI atau KLIK DISINI











5 komentar:

  1. Jadi inget waktu masa smp ger haha.. tebak gw siapa :D

    ReplyDelete
  2. mantap gan,,nasib kita sama..hehe..

    salam blogwalking..

    www.jarangbeli.com

    ReplyDelete
  3. Game yg tembak" di hutan lalu di tusbol itu gan apa namanya?

    ReplyDelete