Mengoptimalkan Windows 7 (notebook version)


Windows 7 memang jauh lebih ringan dibandingkan Windows Vista. Tetapi pada kenyataannya, sistem operasi ini masih terasa berat berjalan pada netbook. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan Windows 7 pada netbook yang diambil dari berbagai sumber di internet dan dirangkum ulang agar lebih mudah dipahami.

Gunakan tema klasik

Salah satu nilai lebih yang dimiliki Windows 7 adalah tampilan grafis yang bagus. Tetapi fitur ini cukup mengganggu apabila digunakan pada komputer/laptop dengan kualitas hardware grafis yang minim. Ini akan menyebabkan proses rendering yang lebih lama yang efeknya membuat komputer/laptop menjadi sangat lambat karena kerja prosesor lebih diarahkan pada proses rendering grafis. Sebaiknya fitur ini di atur/setting ulang, dan matikan fitur windows aero apabila ada. Caranya klik kanan pada desktop dan pilih personalize, lalu pilih windows 7 basic atau windows classic.

Setting ulang Efek visual

Fitur ini juga harus disetting ulang karena efeknya sama seperti penggunaan tema. Caranya klik Start > Klik kanan pada “Computer” > Properties > Advanced System Settings > Performance > Settings > Pilih tombol yang tulisannya “Adjust for best performance” > Ok. Ini akan mematikan fitur efek visual di Windows 7 yang fungsinya untuk mempercepat sistem

Kecilkan Taskbar/Start Menu

Kalo dilihat dari segi estetika, memang fitur ini sangat bagus, tetapi dari segi performance/kinerja di netbook, ini termasuk salah satu faktor penghambat kecepatan. Untuk mematikan fitur ini lakukan klik kanan pada TaskBar > Properties > pilih Use Small Icons > Pada pilihan Taskbar Button pilih “Combine when taskbar is full” > Apply > Ok

Buang fitur-fitur Windows 7 yang tidak pernah/jarang digunakan

Untuk tips yang satu ini sebenarnya tidak berkatian langsung dengan kinerja Windows 7. Tetapi sebaiknya dimatikan saja karena bisa menghemat harddisk. Klik Start > Control Panel > Programs > Turn Windows features on or Off . Jangan mematikan fitur yang berkaitan dengan services, seperti Microsoft .Net Framework, karena ini diperlukan oleh sistem.

Software 3rd Party

Disamping langkah-langkah di atas, bisa juga digunakan software tweaker untuk Windows 7.

Masih banyak lagi cara-cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan performance Windows 7. Tetapi langkah-langkah yang tertulis di atas adalah untuk mengoptimalkan Windows 7 pada Netbook yang paling utama (walaupun langkah-langkah tersebut juga bisa digunakan pada bukan netbook).

Pada kesempatan yang lain, akan coba saya tuliskan artikel untuk mengoptimalkan kinerja Windows 7 secara keseluruhan.

Mencoba Performance Troubleshooter

Hal pertama yang anda lakukan adalah menggunakan performance toubleshooter, dimana fitur ini dapat dengan otomatis mencari dan memperbaiki masalah yang ada, dan yang menyebabkan performa komputer menurun, seperti adanya beberapa program yang sama yang berjalan bersamaan.

Untuk mengakses fitur ini tekan tombol Start Picture of the Start button, dan click Control Panel. Lalu di search box, ketik troubleshooter, dan tinggal klik Troubleshooting. Pada System and Security, klik Check for performance issues.

Mematikan Visual Effects

Jika Windows berjalan lambat, Anda dapat mempercepatnya dengan menonaktifkan sebagian dari efek visual.

Untuk menyesuaikan semua efek visual untuk performa terbaik:
  1. Buka Performance Information and Tools dgn mengklik tombol Start Picture of the Start button, dan klik Control Panel. di dalam search box, ketik Performance Information and Tools,dan setelah itu klik Performance Information and Tools.
  2. Klik Adjust visual effects. Administrator permission required Jika anda diminta password administrator, maka anda isikan saja passwordnya.
  3. Klik tab Visual Effects, klik Adjust for best performance, dan tinggal Klik OK. (Untuk perubahan yang tidak begitu signifikan, cukup pilih Let Windows choose what’s best for my computer)
Membatasi sebarapa banyak program yang dijalankan saat Start up

Banyak sekali aplikasi yang didesain untuk start secara otomatis ketika windows dihidupkan. Para pembuat software sering juga mengeset Aplikasi mereka supaya berjalan pd background sehingga tidak terlihat oleh user, hal ini bagus apabila pada pemakaian terhadap banyak aplikasi yg akan digunakan. Tetapi apabila banyak program yang running tapi jarang atau tidak pernah digunakan maka hanya akan membebani memory saja dan dampaknya akan mengurangi kinerja komputer anda.

Jadi pilihlah secara bijak Aplikasi apa saja yang akan dijalankan saat Start Up.

Lalu untuk mengeset Aplikasi apa saja yang running pas start up, anda bisa gunakan AutoRun For Windows yang bisa anda unduh disini.

Men Defrag Harddisk anda

Fragmentasi pada harddisk membuat harddisk bekerja extra. Dimana dampaknya akan membuat kinerja komputer menjadi berkurang, Fitur Disk Defragmenter akan menyusun ulang fragmentasi pada Harddisk dan akan membuat Harddisk bekerja secara optimal dan efisien.

Scanning Virus atau Spyware

Apabila PC anda terasa kurang optimal dimungkinkan adanya virus atau spyware yang beroperasi di memory, maka langkah yang tepat adalah scan komputer anda dengan antivrus favorit anda dan cek apabila komputernya terinfeksi virus atau spyware.

sumber

0 komentar:

Post a Comment